Jumat, 28 Desember 2012

Cara membuat email dengan domain sendiri

Dilihat dari judulnya sudah keliahatan , yaitu "Membuat email dengan domain sendiri" . Misal pada umunya kita menggunakan email gratisan @yahoo.com atau @gmail.com ,maka kali ini kita akan buat email berakhiran atau berdomain @namakita.com (berbayar) atau @namakita.zz.mu(gratis)

untuk membuat email sendiri kalian harus sudah mendaftar di hosting gratisan seperti idhostinger, baca post saya sebelumnya untuk tentang cara mendaftar di idhostinger 

setelah anda sudah mendaftar di idhostinger , sekarang kita lanjut ke cara membuat email dengan domain kita sendiri. Pertama login ke idhostinger dengan alamat www.idhostinger.com terlebih dahulu, lalu login dengan memasukan username + password yang sudah kalian buat sebelumnya


Setelah login dan muncul tampilan diatas sekarang klik menu "Kontrol Panel" di deretan menu IdHostinger
Selanjutnya pilih domain yang akan anda gunakan, pada contoh diatas saya hanya mempunyai satu domain lalu klik "Beralih" .
Nah setelah masuk ke Panel IdHostinger sekarang proses pembuatan email , pada tampilan diatas klik "Kelola Email"
Kemudian isikan data yang dibutuhkan seperti nama email, password dan kuota box. Pada contoh diatas email yang akan saya buat yaitu muhammadekokurniawan@eckoweb.zz.mu , setelah itu klik buat

Nah apabila proses pembuatan berhasil maka akan muncul seperti berikut :
Sekarang kita buat proses "Forwarder" agar apabila ada orang mengirim ke email yang kita buat tadi akan ke redirect atau akan dikirim ke email utama kita. misal ada orang mengirim di email yang saya buat tadi muhammadekokurniawan@eckoweb.zz.mu maka akan ke redirect atau akan terkirim juga ke email utama saya ekokurni*w*n@yahoo.com misalnya, jadi untuk melihat email masuk di muhammadekokurniawan@eckoweb.zz.mu kita buka saja email utama kita misal email utama saya ekokurni*w*n@yahoo.com maka semua email masuk di email buatan saya tadi akan masuk juga di kotak masuk email utama saya. .berikut proses forwarding :

Masuk ke panel idhostinger seperti berikut :

Setelah itu klik "Teruskan Email"

Pada Alamat email yang akan diforward isikan alamat email yang anda buat tadi , dan pada Forward ke e-mail tuliskan email utama anda atau email yang akan di forward, setelah itu klik "Tambah Forwarder"

Apabila sukses maka akan seperti berikut :

Proses pembuatan email berhasil, sekarang kita mempunyai email baru yang bernama "muhammadekokurniawan@eckoweb.zz.mu" , nah untuk melihat kotak masuk pada email tersebut buka di email forwarder kita atau kalau punya saya tadi yaitu "ekokurni*w*n@yahoo.com

Selamat mencoba ea sobat ^_^ & jangan lupa like Fanspage saya www.facebook.com/EckoSevenfoldfansPages

6 komentar:

  1. tar klo mau tulis pesan gimana gan

    BalasHapus
  2. baru tahu saya kalau hosting bisa kita pergunakan untuk membuat email namun apoa nantinya tidak mengurangi space hostingan ya ?

    BalasHapus
  3. gan klo mau ngecek informasi yg dikirim yg masuk ke email @domain itu gimana

    BalasHapus
  4. gan klo mau ngecek informasi yg dikirim yg masuk ke email @domain itu gimana

    BalasHapus
  5. ooh, caranya buka http://webmail.idhostinger.com/ lalu login(Saya sih nyoba-nyoba)

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau munkin bisa pakek ms office outlook, ms windows live mail, mozilla thunder bird dll...., nah saya mau bertanya, bisa gak pake aplikasi diatas?

      Hapus