Minggu, 05 Agustus 2012

Remote Access SSH Di Debian

1.1 PENGERTIAN

Salah satu kelebihan dari jaringan komputer adalah remote access yaitu memungkinkan kita untuk mengubah konfigurasi pada server melalui komputer client selama client tersebut masih berhubungan dengan server.
Pada sistem operasi windows kita mengenal beberapa remote access seperti team viewer, vnc, radmin, logmein,dll. Tetapi pada sistem operasi linux kita dapatmenggunakan telnet ataupun ssh.



Remote access menggunakan telnet untuk saat ini sudah tidak dianjurkan lagi karena pada telnet data yang dipakai tidak terenkripsi sehingga dianggap tidak aman.maka untuk kesempatan kali ini kita akan coba remote access menggunakan ssh yang telah terenkripsi dan dianggap lebih aman daripada telnet.

2.1 INSTALASI

Untuk menginstall ssh kita hanya perlu memasukan perintah seperti berikut :

ecko:/etc/network/interfaces# apt-get install ssh

setelah paket ssh terinstall sebenarnya kita dapat langsung menggunakanya melalui port default ssh yaitu port 22. Tetapi untuk keamanan ada baiknya pula kita merubah konfigurasi server ssh seperti merubah port default ssh, menonaktifkan hak akses root, dll. Konfigurasi ssh server ada di file “/etc/ssh/sshd_config”.

            2.2. Merubah Port Default SSH

Port default ssh yaitu 22, tetapi untuk keamanan kita dapat mengubah port ssh dengan port yang diinginkan asalkan belum terpakai oleh service yang lain.

ecko:/etc/network/interfaces# nano /etc/ssh/sshd_config
# What ports, IPs and protocols we listen for
#Port 21 #port default ssh
Port 354 #port diganti ke 354


           2.3. Menonaktifkan User Root

Agar hak akses root tidak mudah dimasuki oleh sembarang user , kita perlu menonaktifkan user root sehingga apabila akan masuk ke hak akses root kita harus login melalui user biasa terlebih dahulu.untuk konfigurasinya masih di sshd_config

ecko:/etc/network/interfaces# nano /etc/ssh/sshd_config
# Authentication:
#LoginGraceTime 2m
PermitRootLogin no #ubah pada bagian ini
#StrictModes yes
#MaxAuthTries 6

          2.4. Pengujian

Untuk mengakses ssh melalui komputer client harus diinstall program khusus untuk komputer bersistem operasi windows. Sedangkan pada sistem operasi debian ssh client sudah otomatis terinstall.

                  2.4.1. Remote ssh via linux debian

Untuk client yang ingin mengakses ssh dengan sistem oprasi debian dapat kita gunakan perintah berikut ;

ecko:/home/# ssh ecko@localhost

pada perintah diatas apabila kita ingin mengakses ssh melalui port default yaitu port 22, apabila kita akan mengakses ssh dengan port yang lain misal port 354 gunakan perintah berikut ;

ecko:/home# ssh root@localhost –p 354

                  2.4.2.Remote ssh via windows

Remote akses via windows kita memerlukan suatu software dukungan seperti putty, putty merupakan software yang digunakan untuk remote ssh server di komputer client yang menggunakan sistem operasi windows. .software tersebut dapat kalian download di disini

Berikut tampilan dari ssh client putty ;


Masukan ip address dan port yang digunakan oleh ssh server kemudian klik open

Tidak ada komentar:

Posting Komentar